::-moz-selection { background: none; color: #ff0000; }

Diet Yang Baik

Terkadang diet dibutuhkan dalam hidup kita, untuk mengurangi pasokan lemak dan kolestrol dalam tubuh kita.Apa lagi bagi orang-orang yang bekerja di bidang yang menampilkan keindahan tubuh (eits jangan negative dulu), maksud saya pekerjaan seperti model atau yang sejenisnya.

Oyah ni sepengetahuan saya saja,ada penghitungan untuk melihat tubuh kita itu tergolong yang kurus, normal, atau kegemukan.cara penghitungan ini saya dapat sewaktu saya mengikut klub kebugaran di daerah cibubur.. karma memang mungkin itu yang dekat dengan rumah saya … hahaha… (saya tidak menyebutkan nama klub kebugaran tersebut karena ga mau mempromosikan) J

Begini cara penghitungannya missal saja Berat badan dilambangkan dengan BB, tinggi badan dilambangkan dengan T. Jika berat kamu sekarang 48 kg, tinggi badan 160 cm,maka :

Indeks = BB / ((T / 100) 2 )

= 48 : (1,6)2

= 48 : 2,56

= 18,75

Dari data yang kita dapat ini ukuran penghitunganya :

Kekurangan bobot < style=""> 25 - 29,9
Obesitas tingkat 2 > = 30

Dari perolehan nilai di atas tentunya kalian sudah tau di posisi mana tingkat kegemukan tubuh kalian,diperlukan diet atau tidak…. Hehehehe…

Tubuh kita akan terasa baik jika hitunggan yang kita dapatkan pada range 19,5 – 22,9 pada indeks normal tentunya…

Sekarang bagaimana sih diet yang baik???

Menurut dari pengalaman yang saya jalani saya hanya melakukan cara-cara :

  1. Hindari makanan yang mengandung lemak dan gula yang berlebihan.kerena sangat tumbuh subur lemak jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang berlebih.
  2. Hindari juga kafein, karena memicu lemak, yah bukan berarti tidak boleh tapi cukup 1-2 cangkir kopi dalam sehari.
  3. Hindari pula mengkonsumsi garam berlebih, Akibatnya, tubuh akan menghilangkan kelebihan garam dengan menahan cairan di dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan terjadinya selulit (Terlihat seperti kulit jeruk yang umumnya terdapat pada bagian perut, paha, dan bokong). Saya membaca dari majalah kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization (WHO) merekomendasikan konsumsi garam tak lebih dari 5 gr per hari.
  4. Lalu juga imbangi dengan makanan seperti sayur, dan buah.. Kalau bias dibiasakan minum jus sehari minimal sekali untuk menambah asupan nutrisi dalam tubuh.
  5. Dan dari kesemua itu yang terpenting adalah makan yang teratur, karena dengan makan yang teratur dan takaran yang sama setiap hari membiasakan kita untuk hidup teratur dan tidak berlebihan.

Syukur dari pengalaman saya menjalani cara-cara di atas alhasil berat badan saya turun dari 188kg menjadi 173kg dalam waktu 2 bulan…

Memang lama yang penting kita sabar dalam menjalaninya, jangan tergoda dengan bujuk rayu teman atau orang di sekitar kita ketika kita sedang diet.. Anggaplah kita menjalankan puasa… heheheh….

Terima kasih dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar